Perbaikan Kehidupan Berbangsa dimulai dari Pilihan Anda

Persyaratan Anggota PPK, PPS, KPPS, PPLN dan KPPSLN

User Rating:  / 13
PoorBest 
Katagori: Kilas Berita
Ditulis pada hari: Rabu, 23 Mei 2012

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2013BANJAR, (23/5) Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar. Dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Tahun 2013, untuk meningkatkan kualitas Penyelenggara Pemilu yang dapat menjamin pelaksanaan hak politik masyarakat maka dibutuhkan Penyelenggara Pemilihan Umum yang profesional serta mempunyai integritas, kapabilitas dan akuntabilitas, sehingga mewujudkan kedaulatan rakyat dalam Pemerintahan Negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Adapun Penyelenggara Pemilihan Umum selain Komisi Pemilihan Umum (KPU) meliputi PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara), KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) dan KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum, menurut Enda Kurniawan, SH. Sub Bagiah Hukum KPU Kota Banjar untuk melaksanakan Pasal 53 Undang-Undang tersebut, mengenai persyaratan untuk menjadi anggota PPK, PPS, KPPS, PPLN dan KPPSLN.

Adapun persyaratan yang tercantum dalam pasal 53 Syarat untuk menjadi anggota PPK, PPS, KPPS, PPLN, dan KPPSLN adalah sebagai berikut :

  1. warga negara Indonesia;
  2. berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun;
  3. setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
  4. mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil;
  5. tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;
  6. berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, KPPS, PPLN, dan KPPSLN;
  7. mampu secara jasmani dan rohani;
  8. berpendidikan paling rendah SLTA atau sederajat untuk PPK, PPS, dan PPLN; dan
  9. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Enda Kurniawan, SH Menjelaskan Persyaratan Penyelenggara Pemilu

untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor KPU Kota Banjar yang beralamat di Jalan Gerilya Komplek Perkantoran Pamongkoran Kota Banjar. (AS/ESCN)

KOMISI PEMILIHAN UMUM

KOTA BANJAR

Jl. Gerilya Komplek Perkantoran Pamongkoran - Kota Banjar

(0265) 745032 - (0265) 745033
  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Copyright © 2014 Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar - Jawa Barat. All rights reserved.
Copyright 2012

©