Safari Demokrasi Edisi VII

kpud-banjarkota.go.id__(kamis 5 Maret 2020) Konsolidasi institusi dan kemitraan strategis KPU Kota Banjar edisi ketujuh (7) dengan Kementrian Agama Kota Banjar.

Kedatangan KPU Kota Banjar diterima langsung oleh Kepala Kemenag, Kasi Pendis, Kasi Perencanaan, Perwakilan KUA dan Perwakilan Kepala Sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag.

Diskusi berjalan lancar dibalut suasana kekeluargaan yang hangat. Dani Danial Muhklis (Ketua KPU Kota Banjar) menyampaikan bahwa tujuan kedatangan KPU Kota Banjar ke Kemenag selain silaturrahmi kelembagaan juga dalam rangka mencari format kerjasama yang dapat dilakukan secara bersama-sama kaitanya dengan kepentingan merawat spirit demokrasi agar tetap terjaga. Rumusan ini penting dibicarakan dengan berbagai komponen agar tidak terjadi simplikasi makna demokrasi, dimana bagi sebagian besar masyarakat masih memaknai bahwa yang disebut demokrasi itu adalah Pemilu/Pilkada yang dilaksanakan perlima tahun sekali, padahal demokrasi adalah seperangkat tata hidup berbangsa dan bernegara.

Diskusi tersebut menghasilkan beberapa point kerjasama yang akan dilaksanakan ke depan;
1. Pendidikan Demokrasi kepada masyarakat melalui majlis-majlis ta’lim.
2. Pendidikan Demokrasi kepada sisa-siwsi Madrasah Aliyah dan Pesantren.
3. Pendidikan Demokrasi di Puseur Atikan Demokrasi.
4. Pendidikan Demokrasi dan kepemimpinan ke sekolah-sekolah MA, melalui LDKS dsb.

Dari diskusi itu juga lahir sebuah gagasan besar dimana KPU Kota Banjar dan Kemenag siap memformulasi penyelenggaraan Pemilihan OSIS Serentak di Madrasah-Madrasah Aliyah dengan beberapa format dan tahapannya mengacu pada format, tahapan dan regulasi pemilihan Kepala Daerah. Dengan kata lain, Pemilihan Ketua Osis serentak yang sedang digagas ini nantinya bisa dijadikan miniatur Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

Diakhir diskusi KPU Kota Banjar menyampaikan ucapan terimakasih tak terhingga kepada Kepala Kemenag dan jajaran yang telah menerima kunjungan KPU Kota Banjar, terkhusus atas sumbangsih kemenag Kota Banjar dalam mendongkrak partisipasi pemilih baik di Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019 kemarin. Dimana kita membuat terobosan dengan membuat sosialisasi pelaksanaan Pilkada dan Pemilu melalui materi khutbah Jum’at, Khutbah Idul Adha dan Idul Fitri yang lalu. (DDM)

Mungkin Anda Menyukai