Kilas Balik Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020

Sesuai Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020.

Komisi Pemilihan Pemilihan Kota Banjar melakukan rapat Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar secara intens sebagai upaya koordinasi dan sharing informasi pergerakan penduduk khususnya berkaitan dengan penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Selain pengelompokan bagi penduduk yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar juga berkoordinasi dengan Dinas Pemerintahan lainnya yang berkaitan erat dengan daftar pemilih diantaranya : Dinas Pendidikan Kota Banjar, Badan Kesbangpol Kota Banjar, Kementerian Agama Kota Banjar, Kepolisian Kota Banjar, Koramil Kota Banjar.

Pemutakhiran data ini dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih  adalah untuk pemeliharaan data Pemilih sehingga dapat mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilu/pemilihan selanjutnya. Pemutakhiran data dilakukan untuk mengupdate data pemilih sehingga memenuhi aspek komprehensif, akurat, dan mutakhir. Kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dilaksanakan setiap bulan, dengan memperhatikan penduduk yang pindah datang,  pindah keluar, Pemilih  pemula,  Pemilih meninggal dan perubahan elemen data pemilih.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk tingkat KPU Kabupaten/Kota setiap sebulan sekali, ditingkat KPU Provinsi setiap tiga bulan sekali.

Untuk  mengingatkan  kita   tentang  syarat seseorang dapat menjadi pemilih  menurut Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum  adalah:

  • Genap berusia 17 atau sudah/pernah kawin.
  • Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
  • Berdomisili di wilayah administrasi Pemilih yang dibuktikan dengan KTP Elektronik
  • Tidak sedang menjadi anggota TNI/POLRI

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, terutama bagi 205 daerah yang tidak menyelenggarakan pilkada dalam pilkada serentak tahun 2020, termasuk salah satunya yaitu Kota Banjar.  Tentu ini adalah merupakan suatu hal yang baru, dimana dalam regulasi sebelumnya tidak pernah membahas ini. Dalam pasal 14 huruf  l, pasal 17 huruf l dan pasal 20 huruf l Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, disebutkan bahwa KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota berkewajiban memelihara dan memutakhirkan data pemilih secara berkelanjutan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Secara teknis KPU menyebutkan dalam surat KPU RI nomor 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020, bahwa mekanisme pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dibagi dua:

1)       Bagi daerah yang menyelenggarakan pilkada diintegrasikan dengan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang diatur dalam Peraturan KPU tahapan dan Peraturan KPU penyusunan daftar pemilih.

2)       Bagi daerah yang tidak melaksanakan pilkada, KPU Kabupaten/Kota agar berkoordinasi dengan instansi dan dinas terkait secara berkala.

Kemudian hasil pemutakhiran data pemilih tersebut diumumkan dan dilaporkan ke Provinsi secara berkala setiap bulan dari Januari sampai Desember 2020 untuk tingkat KPU Kabupaten/Kota, sedangkan di tingkat provinsi dilakukan setiap tiga bulan sekali dan kemudian dilaporkan ke KPU RI dengan melampirkan hasil laporan dari KPU Kabupaten/Kota.

Secara garis besar pada Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar telah menetapkan DPB untuk Tahun 2020 dengan rincian :

DPT Pemilu Terakhir    :            147.553  Pemilih

Pemilih Baru                :                 1582  Pemilih

Pemilih TMS                 :                2.080  Pemilih

DPB tahun 2020           :            147.023  Pemilih

Dengan Kriteria Pemilih TMS hasil Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan sebagai berikut

Ganda                      :                   166  Pemilih

Bukan Penduduk    :                     30  Pemilih

Meninggal                :                1.214  Pemilih

Pindah Domisili       :                   617  Pemilih

Tidak Dikenal          :                       7  Pemilih

TNI/Polri                  :                     46  Pemilih

Total TMS                :                2.080  Pemilih

DIAGRAM PROGRES DPB tahun 2020

Mungkin Anda Menyukai