SAFARI KELEMBAGAAN KE KECAMATAN LANGENSARI DAN KECAMATAN PATARUMAN

kpud-banjarkota.go.id__  Selasa, 10 Februari 2021. KPU Kota Banjar melanjutkan kegiatan safari kelembagaan ke dua kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Langensari dan Kecamatan Pataruman setelah hari sebelumnya kegiatan safari ini dilaksanakan di Kecamatan Banjar dan Kecamatan Purwaharja.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini masih seputar proses diskusi dan saran dari demisioner penyelenggara Adhoc serta beberapa masukan untuk pelaksanaan Pilkada yang akan digelar nanti. Selain itu poin-poin utama terkait kebijakan pada pilkada serentak nanti juga ikut disampaikan oleh Ketua KPU Kota Banjar kepada kecamatan yang sekarang dikunjungi, seperti adanya kenaikan honor penyelenggara sebesar 50-70% sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK), rencana pembuatan sistem informasi bagi penyelenggara adhoc dan beberapa informasi lainnya.

Kecamatan Langensari adalah kecamatan pertama yang dikunjungi. Komisioner dan Staf dari KPU Kota Banjar disambut baik oleh Camat Langensari, Bapak Asno Sutarno, SP. MP beserta Jajaran dan Demisioner PPK di pendopo Kecamatan Langensari.

Diskusi berlangsung interaktif karena demisioner penyelenggara adhoc beserta jajaran sekretariat Langensari berkenan untuk menyampaikan kritik dan saran terkait penyelenggaraan pilkada yang telah dilaksanakan. Salah satu saran yang muncul adalah beban kerja serta operasional PPK yang harus lebih diperhatikan. Selain itu fasilitas kesekretariatan dan pengambilan database data pemilih juga ikut dibahas karena pada pengalaman pilkada sebelumnya, masalah yang selalu terulang adalah masalah fasilitasi posko sekretariat dan acuan database data pemilih yang masih membingungkan penyelenggara tingkat bawah.

Di Kecamatan Pataruman sendiri, tim dari KPU Kota Banjar disambut oleh Camat Kecamatan Pataruman, Bapak Dedi Suryadi,S.STP., M.Si, Sekmat Kecamatan Pataruman, Bapak Jajat Sudrajat,S.Sos., M.Si, beserta demisioner PPK di Aula Kecamatan.

Saran yang disampaikan juga tidak jauh berbeda dengan Kecamatan Langensari, yaitu Fasilitasi kesekretariatan adhoc, peninjauan ulang terkait periodisasi anggota KPPS, rasionalisasi terkait anggaran perjalanan dinas, bimtek anggaran yang sebaiknya dilakukan secara berjenjang dan beberapa saran yang diusulkan terkait ketepatan waktu pencairan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tahapan.

Tujuan akhir dari terlaksananya kegiatan safari kelembagaan ini adalah terciptanya perencanaan anggaran serta pelaksanaan pilkada di masa depan yang bersifat efisien, transparan serta partisipatif. (RSNUH)

Mungkin Anda Menyukai