Press Release : Penandatanganan Kerja Sama Kejaksaan Negeri Kota Banjar dengan Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara

kpud-banjarkota.go.id — Bersamaan dengan habisnya masa MoU Tahun 2020 antara KPU Kota Banjar dengan Kejaksaan Negeri (KEJARI) Kota Banjar pada tanggal 09 April 2021, kedua instansi akhirnya sepakat untuk memperpanjang masa kerja sama di tahun 2021 ini dengan mengadakan penandatanganan MoU di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara  Tahun 2021 bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 2 RM. Dapur Haji Dian pada Kamis, 08 April 2021.

Acara dibuka oleh Ibu Astika Dwi Handari selaku MC dan disambung dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara penandatanganan MoU.

Selanjutnya sambutan diawali oleh Ketua KPU Kota Banjar, Bapak Dani Danial Muhklis,S.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau memaknai acara penandatanganan ini bukan hanya sebagai ajang kerja sama dua instansi saja, tetapi juga sebagai sarana silaturahmi antara keluarga besar KPU Kota Banjar dengan keluarga besar Kejaksaan Negeri Kota Banjar. Selain itu, acara yang berlangsung juga diharapkan dapat dimaknai sebagai bentuk penghargaan dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang diperkirakan akan jatuh pada minggu depan.

Diakhir sambutannya, Ketua KPU Kota Banjar meminta agar nantinya dalam menjalankan setiap kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan dapat dibimbing sesuai kaidah perundang-undangan yang berlaku.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Bapak Ade Hermawan, SH.,MH. Beliau memaparkan beberapa kesepakatan yang akan dijalin antara KPU Kota Banjar dengan Kejaksaan Negeri Kota Banjar, diantaranya seperti bantuan dan litigasi hukum, penyelesaian kasus sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi, deteksi adanya potensi terkait resiko hukum, pemberian pendapat hukum dalam bidang kepemiluan dari sisi kehukuman, sebagai mediator antara KPU Kota Banjar dengan pihak lain, pemberian rekomendasi hukum dalam berbagai kegiatan yang akan dilangsungkan, serta beberapa kesepakatan-kesepakatan lainnya.

Selanjutnya beliau juga mengharapkan agar kerjasama yang terjalin tidak hanya apa yang ada diatas kertas, tetapi juga dapat meluas pada banyak bidang lain seperti adanya peningkatan kompetensi dalam hal ini beliau mencontohkan program Tadarus Regulasi yang rutin dilaksanakan oleh KPU Kota Banjar setiap minggu. Kepala Kejari Kota Banjar mengungkapkan keinginan terkait adanya kolaborasi pada program tersebut pada bidang regulasi hukum.

Proses penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara KPU Kota Banjar dengan Kejari Kota Banjar dilakukan oleh Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis, S.Pd.I dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Ade Hermawan, SH.,MH dengan didampingi Kadiv Hukum dan Pengawasan, Errie Hendriaty, S.Sos.,M.Si dan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Kota Banjar, Berlian Vitaria, SH yang bertindak sebagai saksi.

Adapun ruang lingkup kerjasama dari MoU di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ini meliputi :

  1. Kegiatan bantuan hukum, yaitu pemberi jasa hukum di bidang Perdata oleh Jaksa Pengacara Negara untuk mewakili dan bertindak sebagai kuasa hukum KPU Kota Banjar baik secara litigasi maupun non litigasi di peradilan.
  2. Kegiatan pertimbangan hukum, yaitu pemberian jasa hukum oleh Jaksa Pengacara Negara. Pemberian jasa hukum ini dapat berupa pemberian pendapat hukum (legal opinion) terhadap perencanaan kebijakan, kegiatan atau tindakan hukum yang akan dilakukan; pemberian pendampingan hukum (legal assistance) terhadap suatu pelaksanaan, kegiatan atau tindakan hukum yang sedang dilakukan; serta pemberian audit hukum (legal audit) terhadap suatu kegiatan atau tindakan hukum yang telah dilakukan.
  3. Kerjasama dalam peningkatan kompetensi teknis sumber daya manusia dari kedua belah pihak.

Acara penandatanganan kerjasama ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh ketua KPU Kota Banjar kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Penyerahan Plakat oleh Kadiv Hukum dan Pengawasan KPU Kota Banjar kepada Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ditutup oleh Do’a yang dibawakan oleh Bapak Elan Suherlan.

Acara penandatanganan kerjasama antara KPU Kota Banjar dan Kejari Kota Banjar ini dihadiri oleh seluruh staf dari KPU Kota Banjar dan Kejari Kota Banjar dengan tetap memerhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. (RSNUH)

Mungkin Anda Menyukai