KEGIATAN SAMPURASUN DUSUN BATCH 1

kpud-banjarkota.go.id — Sebagai tindak lanjut dari Rencana Kerja Semester II Tahun 2021 Sosparmas dan Pemutakhiran Data Pemilih di KPU Kota Banjar, pada tanggal 21 Juni 2021 kemarin tim dari KPU Kota Banjar melaksanakan kegiatan Sampurasun Dusun atau KPU Saba Dusun yang digelar di beberapa tempat.

Tempat pertama yang dikunjungi oleh tim yang terdiri dari Ketua KPU Kota Banjar, Bapak Dani Danial Muhklis, S.Pd.I, anggota komisioner KPU Kota Banjar, Bapak Mujiono, S.Pd.I, Ibu Errie Hendriaty, S.Sos.,M.Si, Bapak Moch. Wahab Hasbullah,SE, dan Bapak Geri Garyadina M, S.Sos beserta staf dari sekretariat KPU Kota Banjar adalah Bale Dusun Cibeureum di Dusun Cibeureum, Desa Balokang, Kota Banjar.

dalam pertemuannya dengan ibu-ibu PKK di Dusun Cibeureum ini, Ketua KPU Kota Banjar mensosialisasikan terkait 3 siklus Pemilu yang sedang berlangsung. tiga siklus yang dimaksud diantaranya, pertama periode pra-pemiliu, periode pemilu, dan periode pasca-pemilu. Dalam siklus tersebut yang termasuk dalam siklus pemilu antara lain misalnya; penyusunan dan perancangan peraturan terkait pemilu, termasuk pembuatan undang-undang pemilu, rekrutmen para penyelenggara pemilu, penjadwalan pemilu, proses pendaftaran pemilih, pendaftaran peserta pemilu, kampanye, proses pemungutan suara, penghitungan suara, penyelesaian  perselisihan hasil pemilu, pelantikan calon terpilih, pelaporan hasil penyelenggaraan Pemilu. Jika sudah masuk pada tahapan akhir yaitu pelaporan hasil Pemilu, maka siklus ini kembali ke awal. Misalnya adanya revisi terhadap undang-undang pemilu sebelumnya dan seterusnya.

Selain itu, Kadiv Sosparmas dan SDM KPU Kota Banjar, Bapak Geri Garyadina M, S.Sos menjelaskan maksud lain dari tujuan dilaksanakannya kegiatan Sampurasun Dusun ini juga merupakan tindak lanjut dari data partisipasi pemilu tahun lalu yang menunjukan bahwa tingkat partisipasi di beberapa TPS terindikasi rendah, dan salah satunya ada di Dusun Cibeureum Desa Balokang. Indikator lain dari rendahnya partisipasi dalam kepemiluan juga dapat dilihat dari keikutsertaan masyarakat sebagai penyelenggara pemilu di tingkat KPPS, PPS atau PPK.

Beliau juga memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK yang hadir terkait peran serta perempuan dalam politik di daerah.

Kota Banjar selalu menjadi sorotan karena rendahnya partisipasi perempuan dalam perpolitikan.  Di kursi DPRD saja, dari 30 orang anggota dewan hanya 2 kursi saja yang diduduki wakil dari perempuan. Harapannya, selain adanya peningkatan pada presentase partisipasi pemilih di daerah-daerah yang memiliki catatan partisipasi rendah, diharapkan juga dapat mendongkrak keikutsertaan perempuan dalam kancah perpolitikan di Kota Banjar.

Hal ini ditanggapi oleh Sekretaris Desa Balokang,  dari tingkat intelektual masyarakat yang ada di Dusun Cibeureum Desa Balokang sudah bagus, tetapi jika ternyata dari data diperoleh tingkat partisipasi pemilih yang rendah maka harus segera dicari penyakitnya untuk bisa meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.

Tempat kedua yang disambangi oleh tim dari KPU Kota Banjar adalah Lingkungan Pintusinga, Kelurahan Banjar, Kota Banjar. Kegiatan dilaksanakan tepatnya di bale pertemuan RW.17 Lingkungan Pintusinga, Kelurahan Banjar, Kota Banjar.

Ketua KPU Kota Banjar mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan pemimpin yang ideal, kita harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengenal para calon pemimpin yang maju pada kontestasi pemilu.

Selain harus memiliki pengetahuan terkait calon pemimpin, masyarakat juga diberi ruang dan kesempatan untuk mengkaji background dan rekam jejak calon pemimpinnya melalui Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT) yang selalu dipublikasikan oleh KPU pada saat pemilu berlangsung. Masyarakat diberikan kebebasan yang bertanggungjawab untuk memberikan saran dan tanggapan terkait para calon pemimpin yang terdaftar di DCS dan DCT.

Kadiv Perencanaan Data dan Informasi, Bapak Mujiono,S.Pd.I juga ikut memberikan informasi terkait program kerja KPU Kota Banjar di bidang data kepemilihan.

Beliau meminta saran dan bantuan kepada masyarakat khususnya masyarakat Lingkungan Pintusinga, jika ada warga yang berusia dan akan berusia 17 tahun pada saat Pemilu Serentak 2024 nanti, pemilih pemula dan pemilih baru serta jika ada warga yang pindah atau meninggal untuk segera dilaporkan ke KPU Kota Banjar melalui nomor pelayanan data pemilih agar penyusunan data DPB (Daftar Pemilih Berkelanjutan) yang selalu berlangsung setiap bulan dapat lebih akurat.

Selain Dusun Cibeureum dan Lingkungan Pintusinga, dua tempat lain yang juga dikunjungi oleh tim dari KPU Kota Banjar adalah Lingkungan Situbatu, Kelurahan Situbatu dan Dusun Warung Buah, Desa Neglasari Kota Banjar.

Semua kegiatan yang terselenggara dilaksanakan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku dan dianjurkan oleh pemerintah seperti mencuci tangan sebelum masuk ruang pertemuan, tetap menjaga jarak, memakai masker selama kegiatan dan pemberian hand sanitizer. (RSNUH)

Mungkin Anda Menyukai