EKSPOSE RENCANA KEBUTUHAN BIAYA PILKADA SERENTAK 2024

kpud-banjarkota.go.id — Bertempat di Pendopo Kota Banjar, KPU Kota Banjar bersama dengan Bawaslu Kota Banjar melakukan Ekspose Rancangan Kebutuhan Biaya Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota Tahun 2024 dengan Pemerintah Kota Banjar pada Jumat, 07 Januari 2021.

Dalam forum Ekspose Rancangan Kebutuhan Biaya Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota Tahun 2024 Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis, S.Pd.I merespon dalam forum bahwa anggaran telah mengalami 

efisiensi menjadi 20 M dari anggaran semula yang direncanakan 30 M dengan rincian : (1) Tahapan Persiapan mengalami efisiensi sebanyak 31 % dari sharing anggaran sebelumnya, (2) Operasional mengalami efisiensi sebanyak 28%, Honorarium dan Pokja mengalami efisiensi sebanyak 70%, dan Honorarium Penyelenggara Pemilihan sebanyak 20%. Poin dari efisiensi ini terjadi di kegiatan sosialisasi, adanya pengurangan TPS dari 684 titik menjadi 500 titik serta pemberian honorarium dan pokja bagi penyelenggara.

Adapun dari pihak Pemkot Banjar, permintaan efisiensi RKB ini dilakukan karena adanya refocusing anggaran serta defisit anggaran yang terjadi. tetapi dilain pihak, penyelenggaraan pemilihan ini diharapkan dapat tetap berjalan dengan maksimal meskipun pembiayaan yang efisien dan minimum.

Kabid Kesbangpol Kota Banjar juga ikut menanggapi sebagai salah satu solusi yang ditawarkan, yaitu melakukan penghitungan dan pencermatan ulang DPT serta meminta KPU dapat lebih merinci lagi standar harga sesuai Standar Biaya Masukan (SBM) yang berlaku di tahun 2023. (RSNUH)

 

(RSNUH)

Mungkin Anda Menyukai