SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN DAN RISET KEPEMILUAN TAHUN 2021 OLEH STAIMA AL AZHAR KOTA BANJAR

kpud-banjarkota.go.id — Selasa, 15 Juni 2021, STAIMA Al Azhar Kota Banjar mengunjungi kantor sekretariat KPU Kota Banjar untuk melakukan Seminar Proposal Penelitian dan Riset Kepemiluan Tahun 2021. Hal ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan penelitian dan riset kepemiluan tahun 2021 yang diadakan oleh KPU Kota Banjar dengan menggandeng 5 Perguruan Tinggi yang ada di Kota Banjar, salah satunya adalah STAIMA Al Azhar.

Judul yang diusulkan dalam penelitian ini adalah “Ekspektasi Generasi Milenial Terhadap Pemilu Daerah Kota Banjar Tahun 2024”. Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis, S.Pd.I mengapresiasi judul yang diusulkan. Beliau mengungkapkan, judul yang diusulkan sudah mengerucut dan menukik dari tema yang telah diberikan.

Judul tersebut dipilih oleh tim peneliti karena dilatarbelakangi oleh fakta yang menunjukkan jika pemilih muda atau pemilih milenial di Jawa Barat mendominasi sebesar 30 persen. Pemilih muda ini menjadi rebutan karena suaranya yang dianggap sebagai penentu. Penelitian tersebut juga bertujuan untuk mengetahui apa ekspektasi generasi milenial terhadap Pemilu di Kota Banjar serta mengetahui apa saja faktor – faktor yang memengaruhinya.

Kadiv Sosparmas KPU Kota Banjar, Geri Geryadina Mauluddin, S.Sos memberikan saran agar penelitan juga lebih difokuskan. Apakah konteks ekspektasi yang dimaksud mengarah hanya pada ekspektasi penyelenggaraan pemilu, hasil pemilu atau malah keduanya.

Bapak Dani Danial Muhklis, S.Pd.I juga menambahkan jika konteks ekspektasi dalam judul tersebut dapat lebih dikhususkan, maka akan memudahkan KPU Kota Banjar untuk mengukur ekspektasi real dari millenial di Kota Banjar. Apakah ekspektasi yang diinginkan oleh para pemilih muda tersebut ada di sektor public figure peserta pemilu, kontestasi pemilihannya atau malah pada penyelenggaraannya. Sehingga, output dari penelitian dan riset kepemiluan ini juga nantinya selain bisa menjadi tolok ukur KPU Kota Banjar sebagai penyelenggara pemilu, namun juga dapat dipelajari lebih lanjut oleh partai politik serta calon peserta pemilu di Pemilu Serentak 2024 nanti dalam menentukan formula penarik suara pemilih muda.

Adapun peneliti dari STAIMA Al Azhar Kota Banjar yang tergabung dalam tim penelitian dan riset kepemiluan ini adalah Miftahudin.,M.Ag (Ketua Tim), Drs. H. Mastur Hamami (Anggota Tim), Dr. Arief Effendi, M.Pd (Anggota Tim), Syamsudin (Anggota Tim), Rahardi Mahardika, MM (Anggota Tim), Moh. Syarif Hidayat, M.Pd (Anggota Tim), Hendi Kusnandar (Anggota Tim), Malihatul Azizah, M.Pd.I (Anggota Tim), Diah Permasih, M.Pd (Anggota Tim), serta Nur Hidayah (Anggota Tim). (RSNUH)

Mungkin Anda Menyukai